Artikel Halal, Halal Today

Hal-Hal Yang Haram Dimedia Sosial

Mungkin teman-teman semua sudah sudah banyak yang menggunakan media sosial bahkan sudah hampir semua orang memiliki media sosial dan bahkan ada yang ketergantungan dengan media sosial. Media sosial memang menjadi tempat beredarnya informasi apapun , semua jenis informasi baik seputar kehidupan orang, agama, politik, dll bisa didapat melalui medai sosial.

Lalu sekarang ini media sosial digunakan masyarakat tidak di sertai tanggung jawab sehingga masyarakat dengan sengaja menerima dan menyebarkan informasi yang belum tentu benar adanya. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di media sosial diantaranya :

  1. Menyebarkan berita atau informasi yang tidak benar (Hoax).
    Akhir-akhir ini yang kembali ramai adalah menshare berita-berita yang tidak pasti kebenarannya,atau bisa disebut Hoax. Karena dapat menimbulkan kesalahpahaman masyarakat, atau bahkan merubah pandangan seseorang terhadap berita-berita yang mulai beredar.
  2. Melakukan Ghibah, Fitnah dan Namamiah.
    hal-hal sudah tentu dilarang oleh Agama dan sudah ada Ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang Fitnah :

    Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 191)

    Tentang Ghibah :

    Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah kebanyakan dari prasangka (kecurigaan), sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa.  Dan janganlah kamu mencari-cari keburukan orang lain,  dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing satu sama lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik.  Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tubat lagi Maha Penyayang.”  (QS. -Al-Hujurat: 12)

  3. Menjabarkan materi kemaksiatan dan segala hal yang dilarang secara Syar’i.
  4. Melakukan bullying ataupun permusuhan antar perbedaan suku, budaya, ras, dan agama.
    Karna bullying sifatnya adalah mendzolimi sesama manusia, Membuat orang lain sakit hati dan menjadikan orang tersebut rendah diri.
  5. Mencari informasi tentang aib/gosip ataupun kejelekan orang lain.

    Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain” (Al-Hujurat : 12)

  6. Mendukung informasi yang tidak benar.

Sebaiknya media sosial dilakukan sebagai tempat silaturahmi, menyebarkan dakwah, pendidikan, berkreasi dan kegiatan positif lainnya. Media sosial harus dilakukan tanpa melanggar ketentuan agama dan undang undang. Kita harus berhati-hati dalam menyaring informasi dan sebaiknya content yang bersifat pribadi yang tidak layak untuk tidak disebarkan ke media sosial seperti pose yang memperlihatkan aurat.

Ada penyakit yang dapat di sebabkan karena video dan foto yaitu penyakit ain, Penyakit ain adalah penyakit tidak baik pada badan maupun jiwa yang disebabkan oleh pandangan mata orang yang dengki ataupun takjub sehingga di manfaatkan oleh syaitan dan bisa menimbulkan bahaya bagi yang terkena.

Ibnul Atsir berkata “katalah bahwa fullan terkena ain yaitu, apabila musuh atau orang orang dengki memandangnya lalu pandangan itu mempengaruhinya hingga menyebabkan dia jatuh sakit.”

Maka dari itu alangkah jauh lebik baik kalau mau memuji sesuatu di media sosial ucapkan MASYAA ALLAH agar yang kita puji tida terkena penyakit ain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s